Baju Batik Modern, Perkembangan Model dan Motif

posted in: Blog Batik Pekalongan | 0

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini Baju Batik Modern, Perkembangan Model dan Motifnya  juga terus menerus ikut mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, apalagi didukung oleh perkembangan teknologi seperti sekarang ini, sehingga membuat percepatan kemajuan Baju Batik Modern pun ikut tumbuh berkembang dengan cepat melesat. Sebelum berbicara mengenai masalah perkembangan Baju Batik Modern, mari kita lihat ke belakang terlebih dahulu yaitu sejarah dari baju batik itu sendiri.

Sebelum kita masuk ke perkembangan baju batik modern dengan ragam jenis dan mode yang banyak kita temui pada saat ini, marilah kita mengetahui perngertian batik terlebih dahulu, karena banyak dari kita yang belum mengetahui arti sesungguhnya dari batik itu sendiri, dan jangan sampai kita menjadi generasi penerus bangsa yang tidak tahu tentang budaya sendiri. Batik bisa diartikan dari dua sisi, yaitu sisi teknik dan sisi benda. Dari sisi teknik batik adalah sebuah teknik membuat motif pada kain dengan menggunakan lilin sebagai bahan utama dalam menciptakan corak. Inilah yang dimaksud dari batik dilihat dari sisi teknik pewarnaan kain dan teknik ini merupakan salah satu cara paling tradisional dalam membuat motif dan corak dalam pewarnaan kain. Teknik batik ini mencegah pewarna menyebar ke seluruh media kain sehingga akan memberikan pola  corak motif yang indah atau desain pada media kain yang di warnai. Sedangkan pengertian batik dari sisi benda adalah kain yang dihasilkan dari teknik batik  (teknik dalam mewarnai kain dengan menggunakan lilin sebagai bahan utama). Baju Batik sebagai turunan dari produk batik dianggap sebagai kekayaan budaya dan seni tradisional di Indonesia khususnya pada wilayah tertentu seperti Kota Pekalongan, Kota Solo, Kota Jogjakarta dan kota-kota batik yang lainnya. Warna tradisional digunakan untuk Baju Batik yang awal-awal adalah coklat dan turunan dari warna coklat yang dalam istilah baju batik disebut soga, dan putih yang merupakan warna dasar kain yang ditutup lilin sehingga tidak ikut terwarnai. Untuk warna-warna soga bisa kita temui saat ini pada produk baju batik yang banyak di produksi di Solo dan Jogjakarta karena motif batik jenis ini identik dengan keraton sebagai awal mula munculnya seni batik.

Pada zaman dahulu sekitar 1500 (seribu limaratus) tahun yang lalu, pola desain motif ikat celup (sekarang biasa disebut dengan teknik jumputan) pada kain ditemukan di kawasan timur tengah terutama di wilayah Mesir dan sekitar, juga di beberapa pusat kebudayaan yang lainnya seperti  di India,  Cina dan sebagian Afrika Barat, akan tetapi itu semua belum mengenal teknik menghalangi pewarna untuk dibentuk sebuah corak motif dan pola dengan menggunakan lilin. Pada saat sekarang ini,teknik seni Batik Modern sudah memiliki bentuk yang sangat maju, sebuah teknik pewarnaan kain yang ditemukan di pulau Jawa dan sekarang lebih dikenal karena produk baju Batik Modern semakin mendunia. Pada abad jaman kedatangan Belanda, kain-kain  batik mengalami perkembangan dalam hal motif dan corak, para perajin baju batik banyak menyerap pola gambar dan motif dari kebudayaan para meneer dan none-none Belanda yang kebetulan saat itu juga sangat tertarik dengan batik, oleh karena itu perkembangan baju batik modern menjadi semakin bervariasi dan mulai banyak beredar di kawasan eropa hasil batik dari para perajin di Jawa. Desain Baju Batik Modern yang diaplikasikan pada lembaran kain putih merupakan pada awalnya hanya berupa gambar-gambar corak bunga, tumbuhan dan hewan, juga beberapa corak pahatan-pahatan indah yang terdapat pada dinding-dinding batu yang di temukan pada candi-candi peninggalan kerajaan kuno seperti yang ada di candi Borobudur, candi Prambanan dan candi-candi yang lainnya. Pada akhir-akhir ini banyak juga bermunculan desain batik yang dikombinasi dengan teknik tenun tradisional  yang juga banyak terdapat di Indonesia, dan tersebar di hampir setiap daerah, dari Sabang sampai Merauke.

Ada beberapa desain baju Batik Modern tertentu yang banyak dipakai oleh para bangsawan Jawa  (pada awalnya kain batik memang hanya khusus dibuat untuk kalangan keluarga keratin saja) dan saat ini mereka juga tetap mempertahankan kebiasaan ini, walaupun sudah banyak motif-motif khas keratin yang beredar di masyarakat luas saat ini.

baju batik modern, perkembangan model dan motif
Baju Batik Modern

Pengakuan dunia akan seni batik modern saat ini secara tidak langsung juga ikut merangsang perkembangan industri batik modern dan kerajinan seni tradisional yang lainnya yang asli Indonesia seperti seni ukir perhiasan perak,seni pembuatan wayang, baik wayang kulit  maupun wayang golek juga ikut didalamnya seni dalam pembuatan alat musik pengiring wayang seperti gamelanJuga ada seni ukir kayu, baik untuk perabotan rumah tangga maupun untuk hiasan rumah juga menjadi tertantang untuk ikut mendapatkan pengakuan resmi dari dunia internasional. Semua seni tradisional tersebut berhubungan antara satu dan lainnya, semua saling mempengaruhi dalam hal menciptakan pola, corak dan motif baru yang akan ditampilkan dalam media yang berbeda-beda.

Dengan kemajuan dunia fashion pada saat ini, motif-motif batik tradisional banyak sekali yang dicetak ke dalam kain dengan menggunakan alat cetak yang berupa sablon, baik sablon manual maupun sablon otomatis dengan menggunakan mesin cetak. Hal ini membuat perkembangan motif baju batik modern semakin banyak dan bervariasi, karena permintaan akan desan motif batik untuk ditampilkan pada kain semakin bervariasi dan bermacam-macam. Walaupun demikian, eksistensi baju batik tradisional tetap lestari, bahkan kehalusan hasil dari baju batik tradisional masih jauh lebuh unggul secara kualitas jika kita bandingkan dengan hasil dari cetakan kain yang diberi motif batik. Kepeduliaan masyarakat akan perkembangan baju batik modern juga mendorong supaya kelestarian budaya batik yang benar-benar batik alias yang diproses dengan menggunakan lilin sebagai bahan utama untuk membuat motif, agar selalu dijaga bersama-sama dan dapat kita wariskan kepada anak cucu kita di kemudian hari. Jangan sampai kita tidak peduli dengan perkembangan baju batik modern yang saat ini sedang diserbu oleh produk-produk kain cetak yang bermotif batik, karena kebudayaan asli Indonesia ini selalu diintai dan diminati oleh negara-negara tetangga untuk diakui sebagai kebudayaan asli mereka. Apabila kita sebagai warga negara Indonesia sendiri tidak peduli dan lebih memilih kain cetak sablon print untuk kita sebut batik, maka tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti perkembangan baju batik modern (yang benar-benar batik) akan mengalami masa-masa suram bahkan mungkin bisa saja diklaim oleh negara-negara lain yang saat ini banyak belajar membuat batik ke negara kita. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama menjaga dan mengawal perkembangan baju batik modern, sehingga kebudayaan yang sudah diakui dunia internasional ini tidak hilang dan musnah, karena hal itu merupakan warisan nenek moyang kita yang wajib kita jaga bersama-sama

Demikian artikel mengenai sejarah dan lika-liku perjalanan batik, tentang baju Batik Modern, perkembangan model dan motif

Leave a Reply