Baju Batik Pekalongan, Desain Motif, Model dan Kombinasi Warna

posted in: Blog Batik Pekalongan | 0

Baju Batik Pekalongan

Baju Batik Pekalongan merupakan kerajinan dan hasil olah budaya yang  sangat spesial karena bersandar sepenuhnya pada ribuan pengusaha rumahan alias industri rumah tangga, bukan pada hanya pada beberapa pengusaha besar. Sejak ber tahun-tahun yang lalu hingga sekarang, sebagian besar pengerjaan produksi  baju batik Pekalongan dilakukan di rumah-rumah masyarakat. Hasilnya, baju batik Pekalongan menyatu dengan kehidupan masyarakat kota batik Pekalongan yang kini terbagi menjadi dua wilayah administratif, yakni Kotamadya Pekalongan serta Kabupaten Pekalongan. Maju mundur perkembangan industri batik di pekalongan, memperlihatkan bahwa kota Pekalongan pantas menjadi salah satu ikon untuk perkembangan baju batik di Indonesia. Contoh yang berupa karya seni yang tak pernah menyerah dalam mengikuti perkembangan zaman serta selalu dinamis tidak statis alias tidak kaku. Kini baju batik sudah menjadi nyawa bagi kehidupan warga Pekalongan dalam sehari-hari serta merupakan salah satu produk lokal unggulan kota Pekalongan. Hal ini disebabkan karena banyak industri yang menghasilkan produk batik di kota Pekalongan. Karena hal inilah, kota Pekalongan layak dikenal sebagai Kota Batik. Sebutan ini datang dari suatu tradisi yang sudah lama berakar di Pekalongan. Baju Batik, yang merupakan hasil seni budaya yang dikagumi dunia, berada diantara ragam tradisional yang dihasilkan dengan metode celup rintang, tidak satu pun yang mampu hadir seindah serta sehalus baju batik Pekalongan.

Desain baju batik pekalongan

Motif baju batik pekalongan berbeda dengan motif batik daerah lain, struktur warna batik Pekalongan berbeda dengan kota Solo walaupun keduanya sama sama baik, akan tetapi banyak orang yang memilih baju batik disesuaikan dengan suasana dan selera yang mau memakainya dan  disesuaikan dengan situasi yang tepat, serta melihat acara apa yang akan diselenggarakan, baik untuk baju batik tulis maupun batik cap semuanya punya kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Baju Batik PekalonganCiri yang utama pada baju batik Pekalongan adalah pada desain dan kombinasi warna yang ramai dan modern. Jika anda kurang percaya maka anda bisa membandingkan produk baju batik Pekalongan dengan daerah pengahasil baju batik yang lainnya. Ciri khas baju batik Pekalongan yang biasanya adalah  memiliki motif khas yang unik dan berbeda dengan daerah lainnya. Namun, tidak menutup kemungkinan juga ada beberapa produk baju batik yang memiliki motif batik yang sama dengan kota penghasil baju batik lainnya seperti Jogja, Cirebon dan Solo. Warna produk baju batik Pekalongan memang menarik, karena biasanya produk baju batik pekalongan yang dihasilkan memiliki perpaduan warna yang indah dengan menggabungkan beberapa warna ke dalam sebuah kain batik sehingga produk kain batik yang dihasilkan terlihat lebih modern dan berwarna.

Oleh karena hal-hal diatas, tidak mengherankan bukan, jika kota Pekalongan mendapatkan predikat sebagai kota batik karena produk kerajinan baju batik Pekalongan yang dihasilkan memang unik dan kreatif serta telah diakui oleh dunia. Industri-industri kecil penghasil produk baju batik yang ada di daerah ini juga merupakan salah satu faktor penting yang membuat ciri khas baju batik Pekalongan menjadi lebih terkenal dan juga dapat menambah penghasilan warga Pekalongan.

Bahan Baju Batik Pekalongan

Sangat banyak ragam jenis bahan kain yang bisa digunakan untuk membuat baju batik. Hampir semua jenis bahan alami yang meresap bisa digunakan untuk produksi baju batik, namun ada dua bahan kain yang paling banyak dipaki untuk pembuatan baju batik pekalongan, yaitu katun dan rayon/ shantung. Katun sendiri biasa digunakan untuk baju-baju resmi, dan shantung paling sering digunakan untuk bahan dasar pembuatan baju batik santai atau rumahan. Juga ada bahan-bahan lain yang bisa dipakai sebagai bahan dasar kain untuk produksi baju batik, seperti sutra, viscos, twill, paris, satin, dan lain-lain

Leave a Reply