Baju Batik Pekalongan

posted in: Batik Pekalongan | 0

BAJU BATIK PEKALONGAN, PENUH SENI DAN BUDAYA

Baju Batik Pekalongan – Baju adalah salah satu kebutuhan pokok manusia hidup, atau biasa disebut dengan kebutuhan primer. Saat ini kita bisa menemui berbagai model baju di sekitar kita, baik baju wanita maupun pria. Begitu juga kita bisa menemui jenis-jenis baju, baik tradisional maupun modern, polos maupun bermotif, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak jenis, model dan motif baju di dunia ini, ada salah satu jenis baju yang khas dengan budaya Indonesia, khususnya budaya Jawa, yaitu Baju Batik Pekalongan. Tidak seperti baju-baju khas suatu negara yang hanya dipakai ketika ada even-even tertentu, baju batik Indonesia dipakai oleh masyarakat Indonesia dalam segala suasana, resmi maupun santai. Juga semua orang bisa memakai baju batik yang khas Indonesia ini, dari yang kaya sampai yang miskin, dari anak kecil hingga orang tua, baik wanita maupun pria, bisa dan cocok dengan baju batik Indonesia ini. Baju batik bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah Indonesia saat ini, tapi pusat-pusat baju batik masih terdapat di kota-kota yang ada di pulau Jawa, seperti Jogjakarta, Solo, Pekalongan, Cirebon, dan kota lainnya.

Diantara kota-kota yang menjadi pusat baju batik itu adalah Kota Batik Pekalongan. Kota Pekalongan saat ini masih naik daun dalam industri baju, dibandingkan dengan kota pusat yang lainnya. Masyarakat Indonesia bisa menerima baju-baju batik pekalongan sebagai baju yang bisa mereka pakai sehari-hari. Ini disebabkan batik pekalongan lebih terbuka dalam motif dan model. Para pengusaha baju batik pekalongan selalu mengupdate motif dan model baju batik pekalongan dengan model baju batik modern yang sedang naik daun. Motif-motif batik pekalongan pun tidak kaku, bahkan cenderung sangat fleksibel, sesuai permintaan pasar. Mungkin inilah faktor yang membuat baju batik pekalongan saat ini bisa berkembang sedemikian rupa menjadi industri baju yang dilirik oleh pengusaha-pengusaha garmen tingkat nasional bahkan internasional.

BAJU BATIK PEKALONGAN | PELUANG USAHA DAN PASAR

Perkembangan industri baju secara umum, dan baju batik secara lebih khusus saat ini diperkirakan masih akan terus meningkat, apalagi dengan adanya pengakuan dari Badan PBB UNESCO terhadap batik sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Saat ini di Kota Batik Pekalongan bermunculan pengusaha-pengusaha yang ingin merasakan manisnya hasil dari industri baju batik, sehingga peluang usaha baju batik di kota pekalongan sendiri semakin sempit, dan persaingan pun semakin keras. Oleh karena itu, banyak dari para pengusaha baju batik yang lebih melirik peluang usaha baju batik ini ke kota lain sebagai target pasar, terutama kota-kota besar yang ada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Maluku, Papua dan lain-lain bahkan ada beberapa pengusaha yang mulai mencoba pasar luar negeri.