Batik Pekalongan, Budaya Yang Menjaga Kehidupan Masyarakat

posted in: Blog Batik Pekalongan | 0

Batik Pekalongan, Budaya Yang Menjaga Kehidupan Masyarakat

Batik Pekalongan, siapa yang tidak tahu salah satu baju batik khas Indonesia yang berasal dari Kota Pekalongan, kota kecil yang berada di pesisir utara Pulau Jawa bagian tengah ini. Secara geografis Kota Pekalongan berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Batang di sebelah timur, Kabupaten Pekalongan di sebelah Selatan dan Barat.

Batik Pekalongan berkembang sangat pesat sebagai salah satu sentra industri batik nasional, yang mana para pengusaha baju batik di kota Pekalongan  selalu menyuplai kebutuhan pasar-pasar di kota-kota besar Indonesia. Perkembangan usaha batik Pekalongan ditunjang oleh beberapa faktor yang membantu antara lain:

  • Faktor Lingkaran Usaha Batik Pekalongan dan usaha yang berkaitan dengan proses produksi batik Pekalongan merupakan lingkaran mata pencaharian paling besar di Pekalongan yang mampu menyedot banyak tenaga kerja. Faktor ini menyebabkan pemerintah kota Pekalongan, mau tidak mau harus benar-benar ikut terjun mengawal dunia usaha Batik pekalongan mulai dari proses produksi sampai pemasaran produk batik yang dihasilkan.
  • Faktor posisi Pekalongan yang sangat strategis, yang berada dijalur yang menghubungkan kota-kota besar di Indonesia. Pekalongan merupakan salah satu kota yang menjadi jalur utama transportasi pulau Jawa, sehingga memudahkan pengunjung untuk mampir tanpa harus menyediakan waktu khusus untuk mengunjungi Kota Pekalongan.
  • Semangat ber-wiraswasta masyarakat Pekalongan yang sangat besar. Jika kita bertanya kepada para pemuda Pekalongan untuk memilih profesi, sebagian besar dari mereka akan memilih profesi sebagai pedagang dan lebih khusus sebagai pengusaha batik Pekalongan. Ketika di kota lain profesi pegawai negeri sipil menjadi rebutan para warga, di pekalongan proses pendaftaran calon pegawai negeri sipil malah sepi pendaftar dari pemuda local pekalongan, malah kebanyakan yang daftar adalah dari luar kota pekalongan. Inilah fenomena dari semangat berwirausaha dari masyarakat Pekalongan

Dari tiga faktor diatas yang kami sebutkan, sudah merupakan sebuah kekuatan yang sangat besar bagi perkembangan industri batik Pekalongan agar menjadi pusat produksi batik Indonesia, yang mampu untuk menyuplai pasar baju batik nusantara yang ada di kota-kota besar di seluruh wilayah Indonesia.

Batik Pekalongan dan Kehidupan Warga Pekalongan

batik pekalongan
batik pekalongan, budaya Indonesia

Diatas sudah kami sebutkan bahwa lingkaran usaha batik di kota Pekalongan dan usaha yang behubungan dengan proses produksi batik Pekalongan merupakan mata pencaharian terbesar yang digeluti oleh masyarakat kota Pekalongan. Pernyataan ini bukan sekedar pernyataan, akan tetapi merupakan sebuah kenyataan yang bisa dipertanggung jawabkan. Warga Pekalongan tanpa adanya batik mungkin akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Mulai dari usaha pembuatan batik, usaha penyediaan bahan kain putih sebagai bahan baku batik, usaha penjualan obat batik (sebutan oleh orang Pekalongan untuk bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai kain batik), usaha konveksi, usaha percetakan label, usaha plastik pembungkus dan usaha-usaha lain yang sangat terbantu perkembangannnya dengan adanya usaha batik Pekalongan. Tiada hari tanpa batik, mungkin kata-kata itu bisa mewakili hubungan warga pekalongan dengan dunia batik, karena memang batik Pekalongan seakan menjadi nafas kehidupan mayoritas keluarga di Pekalongan.

 Batik Pekalongan | Grosir Murah Modern Online | Baju Batik dan Seragam

Untuk melihat-lihat produk kami silahkan klik pilihan di bawah ini

Leave a Reply