Daster Batik, Model Pakaian yang tahan zaman

posted in: Batik Pekalongan | 0

Daster Batik

DASTER BATIKDaster batik, wanita mana yang tidak tahu model baju batik ini. Sebuah model baju batik yang dipakai oleh para perempuan untuk bersantai di kediaman maupun untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Hampir semua toko baju batik menyediakan daster batik. Apalagi pada saat ini perkembangan model baju daster batik sudah sangat banyak. Daster pun sudah bukan merupakan pakaian khusus bersantai-santai di rumah. Sekarang sudah banyak model daster yang mengambil model dari gaun maupun gamis. Sehingga model-model daster batik saat ini sangat bervariasi dan menarik segala kalangan perempuan. Bahkan peminat dari daster saat ini sudah sangat bervariasi, dari anak muda hingga nenek-nenek.

Daster Batik dan Industri Pakaian/ Baju Jadi

Berdasarkan tingkat pemakaian, baju yang paling banyak dan paling sering dipakai oleh para perempuan adalah daster dan kaos. Kedua model baju terbut adalah jenis dari pakaian non formal alias tidak resmi. Hampir bisa dipastikan setiap wanita memiliki kaos dan daster. Jenis daster yang paling diminati saat ini adalah Daster Batik. Selain harga yang terjangkau, motif daster juga menarik. Bahan yang dipakai pun relatif dingin dan nyaman. Hal ini yang menjadi alasan kalau industri Daster selalu bertahan dalam kurun waktu yang lama. Apalagi dengan inovasi para produsen daster batik saat ini. Berbagai macam model daster dari yang tanpa lengan, sampai yang seperti gamis pun ada.

Dilihat sebaran pemakai baju daster pun sangat luas. Dari orang-orang pinggiran hingga orang-orang kaya sebagian besar memiliki koleksi daster batik. Karena faktor ini lah, banyak sekali produsen Baju batik yang ikut terjun dalam membuat produk dan merebut pasar daster. Pasar yang sangat gemuk ini selalu saja ada permintaan akan daster batik sepanjang tahun. Karena memang ketahanan bahan yang nyaman untuk dibuat daster memang tidak seperti bahan yang lain. Apalagi saat ini hampir semua rumah memiliki mesin cuci untuk membersihkan pakaian. Hal ini membuat permintaan terhadap daster seperti tidak ada habisnya. Karena tidak mungkin seorang perempuan hanya memiliki satu potong baju daster, akan tetapi pasti akan memiliki lebih dari satu potong baju daster

Daster Batik dan jenis batiknya

Ada beberapa jenis batik yang digunakan membuat motif pada kain daster

  • Batik Tulis

Jenis batik yang paling halus, paling susah dalam pengerjaan dan yang pasti paling mahal harga jualnya. Hanya beberapa kalangan orang-orang kaya yang memakai daster dengan batik tulis sebagai motif batiknya.

  • Batik Cap

Untuk jenis batik cap alias batik stempel, peminatnya sangat luas. Hal ini dikarenakan kualitas batik yang mendekati batik tulis, dan harga yang lebih murah dari batik tulis. Hampir semua wanita dari segala kalangan menyukai dan seringkali menggunakan daster batik dari jenis batik cap. Variasi warna yang banyak, kehalusan pengerjaan dan waktu yang tidak terlalu lama untuk pengerjaan, membuat batik cap sangat umum dipakai sebagai pembentuk motif pada kain daster batik cap.

  • Batik Printing Atau Batik Sablon

Inilah jenis batik yang menjadi sumber utama pembuatan motif kain pada baju daster batik. Oleh para perajin batik tradisional, batik printing atau batik sablon tidak dikategorikan sebagai jenis batik. Ini karena dalam proses pembentukan motifnya tidak menggunakan lilin malam sebagai penghalang warna. Akan tetapi jenis batik ini lah yang menyumbang kain daster paling banyak daripada jenis batik yang lainnya. Produksi yang cepat dalam jumlah yang sangat banyak bisa dikerjakan dengan proses ini. Kualitas daster dengan kain batik jenis ini pun bervariasi, dari yang murah hingga yang mahal pun ada. Untuk proses sablon pun sekarang banyak pabrik-pabrik kain besar yang terjun dalam produksi kain daster. Bahan yang paling umum dipakai untuk ini adalah kain jenis rayon. Karena sifat kain ini yang adem, nyaman dan memang cocok untuk digunakan dalam suasana santai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.